Kamis, 10 Juli 2014

Nilai-nilai dan Budaya Kementerian Keuangan



NILAI-NILAI KEMENTRIAN KEUANGAN: 

 

1. INTEGRITAS


Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

2. PROFESIONALISME


Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

3. SINERGI  


Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.

4. PELAYANAN 

 Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman.

5. KESEMPURNAAN

Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik


BUDAYA KEMENTRIAN KEUANGAN:

 

1. Satu Informasi Setiap Hari.
Satu Informasi Setiap Hari ditujukan untuk memotivasi seluruh Pegawai Kementerian Keuangan untuk mencari informasi yang berguna dan menyebarkannya atau sharing dengan Pegawai Kementerian Keuangan lainnya untuk menambah pengetahuan bersama.


2. Dua Menit Sebelum Jadwal. 
Dua Menit Sebelum Jadwal ditujukan untuk melatih, membiasakan serta menumbuhkan kedisiplinan semua Pegawai Kementerian Keuangan dengan datang di ruang/tempat rapat 2 (dua) menit sebelum rapat di mulai sesuai jadwal, untuk meningkatkan efektifitas & efisiensi rapat.


3. Tiga Salam Setiap Hari. 
Tiga Salam Setiap Hari ditujukan untuk merangsang seluruh Pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan terbiasa memberikan pelayanan prima dan bersikap sopan serta santun, dengan cara memberikan salam sesuai dengan waktunya (selamat pagi, siang, dan sore).


4. Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti. 
Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti ditujukan agar semua Pegawai Kementerian Keuangan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari menerapkan etos kerja dan prinsip manajemen/organisasi yang baik, dengan selalu membuat perencanaan sebelumnya, mengerjakan sampai tuntas, memantau & mengevaluasi proses serta hasil terhadap sasaran dan juga spesifikasi kemudian melaporkan hasilnya, dan menindaklanjuti hasil untuk membuat perbaikan.


5. Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin. 
Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ditujukan untuk mendorong tumbuhnya kesadaran, keyakinan, dan kepedulian Pegawai Kementerian Keuangan akan pentingnya penataan ruang kantor dan dokumen kerja yang ringkas, rapi, resik/bersih melalui perawatan yang dilakukan secara rutin, agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman guna meningkatkan etos kerja dan semangat berkarya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar